Blogger Meet Up #6, Sharing di Blog Bikin Hepi Bersama Nia Nurdiansyah dan Uniek Kaswarganti

No comments
Uniek Kaswarganti
Pic by Farida Asadi
Berulang kali para blogger kece Kota Semarang mengadakan acara talkshow Blogger Meet Up. Namun sering kali acara Blogger Meet Up diadakan pada sore hingga malam hari.

Jujur saja saya banyak kendala jika harus menghadiri Blogger Meet Up pada sore hingga malam hari. Alasannya simpel saja, kalau malam tidak ada bus Trans Semarang sehingga saya kesusahan kalau mau pulang. Apalagi saya tinggal di salah satu desa yang termasuk pelosok di Kabupaten Kendal.

Beruntunglah Sabtu Lalu (08/09/2018), akhirnya saya bisa hadir dalam acara talkshow Blogger Meet Up karena dimulai pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB. Yeay, akhirnya saya bisa mendapatkan ilmu seputar ngeblog bersama blogger kece dari Kota Semarang.

Acara Meet Up Blogger #6 mengusung tema sharing di blog bikin hepi bersama narasumber Mbak Uniek Kaswarganti dan Mbak Nia Nurdiansyah. Tak ketinggalan pula, ada Mbak Ira Sulistiana yang menjadi MC di acara Meet Up Blogger #6 ini. Oh, iya nih saya sampai lupa. Acara Meet Up Blogger #6 diadakan di Paragon City Mall Semarang.

Dari rumah saya berangkat pukul 09.00 WIB dengan naik sepeda motor yang kemudian saya titipkan di penitipan sepeda motor Cangkring karena saya tidak berani naik sepeda motor sampai ke Semarang.

Sebenarnya saya masih trauma saat kena tilang dan ditegur Pak Polisi beberapa waktu yang lalu. Setelah itu saya naik bus Curug sampai ke terminal Mangkang.

Setelah dari terminal Mangkang saya pun naik bus Trans Semarang untuk menuju ke Paragon City Mall Semarang. Setelah turun dari bus Trans Semarang di halte Balaikota akhirnya saya berjalan kaki untuk menuju Paragon City Mall Semarang.

Sesampainya di pintu masuk Paragon City Mall Semarang, saya langsung mendengar Mbak Isul sudah memulai acara. Bergegaslah saya menghampiri sumber suara. Dan ternyata Blogger Meet Up #6 ini diadakan di lantai dasar Paragon City Mall Semarang.

Mungkin sobat yang suka ngeblog sudah tidak asing lagi dengan Mbak Uniek Kaswarganti. Mbak Uniek adalah salah satu founder komunitas blogger Gandjel Rel Semarang.

Saya mengenal Mbak Uniek pada akhir tahun 2017. Pertama kali saya bertemu dengan Mbak Uniek adalah saat ulang tahun komunitas blogger Gandjel Rel yang ketiga pada bulan Februari 2018. Mbak Uniek sering mengadakan lomba blog yang hadiahnya fantastis banget yaitu laptop. Mbak Uniek juga merupakan blogger yang di-endorse oleh brand ternama Asus.

Mbak Nia Nurdiansyah juga blogger yang sudah tidak asing di kalangan para blogger. Saya mengenal dan berjumpa dengan Mbak Nia saat ada acara di Lunpia Cik Me Me Semarang pada bulan Januari 2018.

Mbak Nia juga merupakan salah satu founder Titik Tengah Blogger Community Development & Partnership. Jika Mbak Uniek di-endorse Brand ASUS. Maka lain halnya dengan Mbak Nia, Mbak Nia di-endorse produk virgin coconut oil. Mbak Nia juga merupakan chef dari Little Organic Kitchen yang merupakan pelopor makanan dan minuman sehat dan organik.

Mbak Nia memulai menulis di blog untuk sharing pengalaman agar bermanfaat untuk banyak orang. Mbak Nia juga berpesan saat menulis di blog jangan menggunakan bahasa alay dan jangan menggunakan kata-kata yang kaku.

Selain itu, menulis di blog juga harus menerapkan EYD yang benar dan tidak boleh typo. Duh, saya kayaknya sering typo deh kalau nulis di blog. Dan ternyata kalau nulis di blog dan typo maka yang akan terjadi adalah timbul kesalahpahaman.

Sedangkan Mbak Uniek memberikan tips seputar ngeblog untuk pemula seperti saya. Tipsnya adalah kita bisa menulis konten apa saja seputar kegiatan sehari-hari di blog seperti tutorial memakai hijab untuk party.

Dengan menulis di blog kita bisa juga melatih kemampuan diri kita untuk menjadi editor karena biasanya blogger juga menjadi editor untuk tulisannya sendiri. Tulisan yang ditulis di blog juga mudah ditemukan apabila dicari di search engine seperti Google maka akan segera ketemu.

Selain itu, Mbak Uniek juga mengatakan kalau blog bisa juga digunakan untuk berjualan. Namun sampai saat ini saya belum mendapatkan pembeli produk kecantikan yang saya promosikan di blog. Jadi, saya lebih suka berjualan produk kecantikan melalui WhatsApp.

Mbak Uniek juga mengatakan kalau sampai saat ini sudah 10 tahun Mbak Uniek berkecimpung di dunia blogging. Yang membuat saya kagum dengan Mbak Uniek yaitu Mbak Uniek adalah pekerja kantoran yang bisa mengurus anak dan keluarga serta masih aktif ngeblog bahkan blognya lebih dari satu. Duh, pengen deh kayak Mbak Uniek yang aktif ngeblog dan masih bisa kerja serta mengurus anak dan keluarga.

Ngeblog itu sarana yang bisa kita gunakan juga untuk mencurahkan isi hati dan pengalaman. Mbak Uniek selalu mengatakan kalau ngeblog ya ngeblog aja, nulis ya nulis aja, ben ora ngganjel (biar tidak mengganjal). Karena kadang kan kita sering mengalami kejadian tidak terduga. Biar tidak mengganjal ya ditulis saja di blog. Tapi ingat ya, menulis di blog harus dengan bahasa yang sopan, jangan kaku dan kalau bisa menggunakan bahasa yang santai agar diminati oleh para pembaca.

Acara Blogger Meet Up #6 ini banyak dihadiri oleh pengunjung yang masih pelajar SMA. Duh, jadi teringat saat kelas 10 SMK waktu mendapatkan tugas membuat blog pada pelajaran KKPI. Tapi sayangnya saat itu saya hanya membuat blog dan tidak mengisi blog saya dengan tulisan. Baru di akhir tahun 2016 saya mulai mengisi blog dengan tulisan saya.

Acara Blogger Meet Up #6 ini tidak membosankan karena dipandu MC Mbak Isul yang bisa meramaikan suasana. Acara makin ramai saat ada beberapa pelajar SMA yang bertanya bagaimana agar blog yang kita miliki terkenal? Salah satu hal yang bisa membuat blog kita terkenal adalah membagikan tulisan blog kita ke sosial media agar dibaca oleh orang banyak.

Yang mengajukan pertanyaan seputar dunia blogging maka mendapat hadiah souvenir @watu.id, sedangkan saya mendapatkan lumayan banyak oleh-oleh seperti kue pie dan teh bunga Telang dari Littel Organic Kitchen, Minuman Milk Almond dari @houseof129 dan mendapatkan souvenir cantik dari @watu.id

Terimakasih banyak untuk @little.organic.kitchen @houseof129 @watu.id atas oleh-olehnya. Terimakasih juga untuk Mbak Uniek Kaswarganti dan Mbak Nia Nurdiansyah karena sudah berbagi ilmu seputar dunia blogging yang bermanfaat.

Blogger Meet Up #6 ini juga merupakan salah satu rangkaian acara Semarang Hijab & Craft Expo. Jadi, setelah saya mengikuti acara Blogger Meet Up #6 maka selanjutnya saya melihat gamis cantik dan kemeja batik yang ada di Semarang Hijab & Craft Expo.

No comments