Hari Penuh Warna di Kampung Ragam Warna

2 comments

Kampung Ragam Warna mungkin kampung yang sudah akrab di telinga masyarakat Kota Kendal. Beberapa bulan yang lalu pun saya sudah pernah berkunjung ke Kampung Ragam Warna. Dan saya merasa senang karena kala itu akhirnya bisa berkunjung ke Kampung Ragam Warna.

Yang menarik dari Kampung Ragam Warna yaitu semua rumah warga dicat dengan warna yang indah sehingga terlihat cerah dan ceria.

Lokasi Kampung Ragam Warna yang dekat dengan jalur pantura dan dekat dengan Masjid Agung Kaliwungu maka Kampung Ragam Warna ini gampang dijangkau oleh para pengunjung dan para wisatawan.

Kampung Ragam Warna juga merupakan pemukiman padat penduduk karena rumah-rumah para penduduk jaraknya berdekatan. Para warga Kampung Ragam Warna pun hidup rukun.

Dan yang menarik adalah banyak spot foto menarik di Kampung Ragam Warna sehingga saat berkunjung ke Kampung Ragam Warna maka jangan lupa untuk mengabadikan saat – saat indah di Kampung Ragam Warna melalui foto.

Kampung Ragam Warna juga menyediakan fasilitas sumur dan toilet untuk umum. Ada dua toilet yaitu satu untuk toilet pria dan satu untuk toilet wanita. Jadi Kampung Ragam Warna terus berbenah untuk menjadi kampung yang unggul dalam berbagai bidang.

Kampung Ragam Warna ini lokasinya adalah di Kampung Mranggen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Dan pada tanggal 26 Oktober 2019 – 27 Oktober 2019, Kampung Ragam Warna mengadakan festival kesenian dengan tema Festival Seni Kaliwungu 2019.

Festival Seni Kaliwungu 2019 ini memiliki berbagai macam rangkaian acara seperti membuat makanan tradisional khas Kaliwungu yaitu Sumpil, lomba lukis payung, penampilan rebana, kirab budaya, penampilan tari anak Kampung Ragam Warna, penampilan band Daun Bambu, hingga festival drumblek.

Selain itu, pada acara Festival Seni Kaliwungu 2019 ini diadakan pula lomba foto, lomba blog, dan lomba vlog. Fotografer, blogger, dan vlogger dari berbagai kota hadir dan tentunya para warga Kota Kendal juga ikut serta dalam acara ini untuk berkunjung ke Kampung Ragam Warna sekaligus untuk menghadiri Festival Seni Kaliwungu 2019 dan mengikuti berbagai macam lomba tersebut.

Pengalaman Seru Mengikuti Lomba Lukis Payung di Kampung Ragam Warna

Awalnya saya melihat anak-anak yang sedang melukis payung dalam acara lomba lukis payung. Maka saya pun akhirnya mengikuti lomba lukis karena keponakan saya tidak mau mengikuti lomba lukis payung.

Setelah itu bergegaslah saya menuju area pendaftaran lomba lukis payung. Setelah menuliskan nama, alamat, dan mendapat nomor peserta lomba maka selanjutnya adalah saya mendapat beberapa alat dan bahan untuk lomba seperti payung dan cat.

Saya diberi satu payung dan berbagai macam cat berwarna yang jumlahnya ada delapan. Warna-warna cat tersebut yaitu kuning, putih, hijau, merah, hitam, oranye, biru, dan ungu.

Namun sayangnya, panitia lomba lukis payung tidak menyediakan kuas cat sehingga para peserta lomba lukis payung harus membawa sendiri kuas cat untuk mengikuti lomba lukis payung ini.

Setelah beberapa kali memberikan warna pada payung tersebut, ternyata keponakan saya akhirnya penasaran dan ingin mengikuti lomba lukis payung.

Akhirnya saya menyerahkan payung yang sudah saya beri sedikit warna tersebut untuk keponakan saya agar keponakan saya bisa mengikuti lomba lukis payung.

Tujuan saya mengajak keponakan saya untuk mengikuti lomba lukis payung yaitu agar keponakan saya berlatih untuk mewarnai dengan cat karena selama ini keponakan saya memakai pensil warna dan krayon untuk mewarnai.

Selain itu, tujuan lainnya adalah agar keponakan bisa mendapat pengalaman dan teman baru serta mengajarkan keponakan saya untuk berbaur dengan teman sebaya dan masyarakat di Kampung Ragam Warna.

Keponakan saya merasa senang karena bisa mewarnai dan ikut serta dalam lomba lukis payung walaupun pada awalnya keponakan saya tidak mau mengikuti lomba lukis payung ini.

Dan saat mengikuti lomba lukis payung ini pula maka ini merupakan kunjungan kedua bagi keponakan saya karena pada tahun sebelumnya, keponakan sudah pernah berkunjung ke Kampung Ragam Warna untuk menyaksikan festival drumblek.

Lomba lukis payung diikuti oleh banyak peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga ibu-ibu rumah tangga. Para peserta lomba lukis Kampung Ragam Warna juga sangat antusias untuk mengikuti lomba ini dan menciptakan karya terbaik mereka.

Banyak juga peserta lomba lukis dari luar Kota Kendal. Dan saat mengikuti lomba lukis payung ini akhirnya saya bisa bertemu langsung dengan Mbak Jiah Al Jafara Blogger Jepara.

Saat itu Mbak Jiah juga sedang asik mengikuti lomba lukis payung. Senang sekali rasanya akhirnya bisa bertemu langsung dengan Mbak Jiah Al Jafara karena selama ini saya berkunjung ke blog Mbak Jiah untuk mencari review drama Korea terbaru sebagai bahan pertimbangan saya saat akan menonton drama Korea.

Lalu apa sih tujuan dari diadakannya lomba lukis payung di Kampung Ragam Warna? Tujuan diadakannya lomba lukis payung di Kampung Ragam Warna yaitu dengan seni lukis payung agar bisa hidup guyub dan rukun.

Lomba lukis payung juga sebagai ajang untuk menggiatkan anak-anak Kampung Ragam Warna dalam rangka membuat lukis payung karena payung memiliki simbol mengayomi masyarakat bagi Kampung Ragam Warna.

Senang sekali rasanya akhirnya bisa mengikuti lomba lukis payung di Kampung Ragam Warna pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019.

Dan hari itu pun menjadi hari penuh warna karena saya bisa mengikuti lomba lukis payung sekaligus bisa berwisata di Kampung Ragam Warna. Lalu sudahkah teman-teman berkunjung ke Kampung Ragam Warna?

2 comments

  1. wah warna warninya bikin semangat bgt ya, btw pengin juga nglukis payung gitu. kmrin spet liat hasil karya lomba melukis payung berseliweran di IG..

    ReplyDelete
  2. Sepertinya keren nih mba, sayang mba Farida fotonya irit banget. Kita jadi ngawang2 mba hehehe

    ReplyDelete