One Day Trip with Traveling Yuk Community Semarang, Eksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit Kendal

No comments

Sebagai warga Kendal yang selama 21 tahun hidup dan tinggal di Kabupaten Kendal rasanya saya belum mengenal lebih dekat potensi alam dan tempat wisata di Kabupaten Kendal terutama di dataran tingginya.

Mungkin ada beberapa tempat terutama dataran tinggi yang ada di Kabupaten Kendal yang sudah pernah saya kunjungi seperti Boja, Singorojo, Sukorejo, dan Plantungan. Tapi, kalau ke Limbangan saya belum pernah pernah berkunjung ke sana.

Kabar bahagia datang ketika adik sepupu mengabarkan ingin ikut One Day Trip With Traveling Yuk Community Semarang untuk mengeksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit Limbangan Kendal.

Awalnya saya memang tidak ingin ikut karena saya sudah ada event lain di Impala Space dan saya pun tidak bisa naik motor dengan medan yang berat. Tapi beruntunglah event di Impala Space bisa saya batalkan dan adik sepupu dengan senang hati menawarkan diri untuk memboncengkan saya.

Acara One Day Trip With Traveling Yuk Community Semarang untuk mengeksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 12 Mei 2018 mulai pukul 06.00 WIB dengan meeting point di pintu masuk Museum Ronggo Warsito Semarang.

Berhubung saya orang Kendal maka saya langsung saja ke Limbangan dengan rute Brangsong - Kaliwungu - Singorojo - Boja - Limbangan. Setelah perjalanan selama 1 jam akhirnya sampai juga di Kebun Teh Medini bersama Traveling Yuk Community Semarang.

Sesampainya di Kebun Teh Medini saya dan para rombongan istirahat sejenak di pintu masuk Kebun Teh Medini. Kebun Teh Medini ini terletak di Ngesrep Balong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Kebun Teh Medini ini adalah kebun teh milik PT RUMPUN SARI MEDINI. Perjalanan panjang dan melelahkan karena jalanan yang menanjak dan berbatu akan terbayar dengan pemandangan indah Kebun Teh Medini.

Di area masuk Kebun Teh Medini kita akan melihat bangunan khas Eropa jaman dulu yang menjadi kantor dan mess PT RUMPUN SARI MEDINI, ada juga Taman Kanak-Kanak dan mushola.

Sebelum mengeksplor Kebun Teh Medini alangkah baiknya cek bekal air minum terlebih dahulu karena jalanan di Kebun Teh Medini ini menanjak jadi pasti kita akan sering haus.

Setelah memasuki area Kebun Teh Medini rasanya senang karena sejauh mata memandang terhampar hijaunya daun teh yang menyejukkan mata. Di tengah perjalanan yang asik itu, kami beristirahat dan saling bercengkrama satu sama lain. Para peserta yang ikut mulai memperkenalkan diri masing-masing dan saya senang karena bisa berkenalan dengan teman baru serta dapat pengalaman baru.

Kebahagiaan saya makin bertambah saat Mbak Lidya Carolina perwakilan dari TravelingYuk.com memperkenalkan diri dan ternyata Mbak Lidya ini juga seorang travel blogger dari Kota Banyuwangi. Senang rasanya bisa traveling bersama travel blogger. Mbak Lidya juga sedikit bercerita tentang apa itu TravelingYuk.com kepada para peserta yang mengikuti One Day Trip ini.

Lalu sudahkah kalian tahu apa itu TravelingYuk.com? TravelingYuk.com adalah media online di Indonesia yang berisi konten menarik seputar artikel review pariwisata di Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia.

Jadi jika kalian ingin mencari informasi dan referensi seputar pariwisata mulai wisata kuliner, wisata alam bahkan informasi dan referensi mengenai tempat menginap (hotel) maka kalian bisa mengakses TravelingYuk.com sekarang juga. Kalian jangan salah loh ya, TravelingYuk.com ini bukan situs booking tiket pesawat ataupun situs booking hotel. Jadi dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa TravelingYuk.com bisa jadi Teman Liburanmu.

Lalu apakah tujuan atau misi utama dari TravelingYuk.com ? Tujuan dan misi utama dari TravelingYuk.com yaitu semakin banyak tempat pariwisata terpencil yang terekspos sehingga membantu perekonomian warga sekitar.

TravelingYuk.com juga membuka kesempatan bagi yang suka menulis artikel pariwisata maka bisa ikut menjadi kontributor dengan mengirimkan karya tulisan dan fotonya ke https://travelingyuk.com/kontributor/ dan akan ada apresiasi yang diberikan TravelingYuk.com bagi para kontributor. Untuk para travel blogger cocok banget nih untuk menyalurkan karyanya melalui TravelingYuk.com

Kembali ke topik utama, setelah acara perkenalan dan bercengkrama kami melanjutkan perjalanan lagi untuk mengeksplor Kebun Teh Medini. Hawa dingin dan sedikit mendung membuat suasana semakin istimewa apalagi setelah kabutnya turun.

Adem banget pokoknya. Tidak hanya bisa melihat kebun teh saja kami juga bisa menyaksikan para petani yang sedang memanen daun teh. Tapi sayangnya kami tidak bisa melihat proses pengolahan teh di pabriknya.

Di area Kebun Teh Medini juga ada beberapa area yang menurut saya asik yaitu adanya Bumi Perkemahan Medini Kelir yang cocok dijadikan area camping. Duh, jadi pengen camping di Bumi Perkemahan Medini Kelir agar bisa camping dengan suasana kebun teh yang mempesona.

Setelah capek mengeksplor Kebun Teh Medini, kami pun istirahat dan makan siang di warung terdekat. Makan siang kala itu dengan menu soto ayam plus telur tanpa kecap. Untuk pertama kalinya juga saya makan soto ayam plus telur, but it's delicious untuk menghalau kelaparan.

Yang penting kenyang dan bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan selanjutnya. Untuk minumannya adalah wedang teh, karena di Limbangan udaranya dingin maka wedang teh yang didiamkan sebentar saja akan berubah menjadi seperti es teh. Setelah istirahat, makan siang dan sholat dhuhur maka kami pun melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Curug Lawe Secepit.

Awalnya saya kira Curug Lawe cuma ada di Semarang saja. Namun ternyata di Kabupaten Kendal juga ada yang namanya Curug Lawe Secepit. Pintu masuk Curug Lawe Secepit ini lokasinya dekat dengan Kebun Teh Medini.

Untuk memasuki area Curug Lawe Secepit ini dikenakan biaya Rp.5.000. per orang. Setelah menuju pintu masuk maka harus terlebih dahulu menyebrang jembatan bambu yang di pinggirnya dihias dengan ban bekas yang di cat berwarna-warni.

Setelah melewati jembatan maka perjalanan selanjutnya melewati jalan setapak yang naik turun dan lumayan terjal. Jadi kami harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

Buat para cewek-cewek kalau mau ke Curug Lawe Secepit ini jangan memakai sepatu hak tinggi sebab itu berbahaya. Di pinggir jalan setapak banyak terdapat tanaman kopi dan ini mengingatkan saya akan perjalanan hiking jaman SMP - SMK di Plantungan karena nuansanya hampir sama.

Setelah kurang lebih setengah jam melalui jalan setapak akhirnya sampai juga di Curug Lawe Secepit. Sesampainya di Curug Lawe Secepit maka saya merasa senang bisa mengeksplor salah satu tempat wisata yang ada di kota Kelahiran saya ini.

Dinginnya air Curug Lawe Secepit membuat suasana semakin sejuk. Air yang mengalir dari Curug Lawe Secepit ini bening dan terasa dingin. Selain bisa menikmati pemandangan Curug Lawe Secepit, kami juga berselfie ria di replika kupu-kupu raksasa di area Curug Lawe Secepit ini.

Pokoknya saya bahagia bisa mengeksplor pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal. Terimakasih Traveling Yuk Community Semarang yang sudah menyelenggarakan one day trip ini, semoga pariwisata di Indonesia makin banyak dan makin dikenal oleh seluruh warga Indonesia hingga ke turis mancanegara.

No comments